• SMK NEGERI 5 PALEMBANG
  • HEBAT - Humanis, Energik, Berwawasan, Ambisius, Tawakal

SMK Negeri 5 Palembang Zero Narkoba

PALEMBANG - Bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai nara sumber dan pemateri, SMK Negeri 5 mendapat penyuluhan tentang Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja pada kegiatan Advokasi Kebiijakan dan Pendampingan Kepada Lembaga Penyedia Layanan Pemberdayaan Perempuan di fasilitasi BKOW Sumsel.

 

Acara dibuka oleh Ketua Umum Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumatera Selatan (Sumsel) Hj. Fauziah Mawardi Yahya, S.Pd di Aula Bioskop Mini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Palembang, Kamis, 16 Maret 2023. Dihadiri 150 siswa-siswi SMKN 5 dan sejumlah guru-guru serta Kepala Sekolah SMKN 5, Zulkarnain, M.Pd.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka merealisasikan program kerja Hukum dan HAM dan sebagai bentuk kepedulian terhadap remaja. Karena semakin maraknya penyalahgunaan narkoba dan perilaku pergaulan bebas di kalangan remaja.

Dipilihnya SMKN 5 untuk kegiatan ini, selain karena SMKN 5 terletak di lingkungan yang tidak begitu jauh dari lingkungan istana gubernur dan wakil gubernur Sumsel.

Atas dasar rasa keprihatinan melihat kondisi makin meningkatnya penyalahguna dan pemakai narkoba dari berbagai lapisan masyarakat dari kota sampai ke pelosok desa dengan berbagai tingkatan usia, serta pergaulan bebas yang berdampak melakukan aborsi karena janin yang tidak dikehendaki dari hubungan sex bebas.

Hal ini disampaikan Fauziah dalam sambutannya. Ia mewanti-wanti, perilaku negatif ini menjadi acaman besar bagi keberlangsungan generasi mendatang khususnya provisni Sumsel.

“Kita para orang tua, harus ekstra hati-hati menjaga lingkungan pergaulan anak-anak kita agar terhindar dari pengaruh ini,” ungkap Fuziah.

Harus ada upaya dari berbagai pihak yang memberikan penyadaran kepada anak-anak kita terutama pada usia yang sedang labil tentang dampak dari penggunaan narkoba dan pergaulan bebas.

 

Dirinya sebagai ketum BKOW sekaligus sebagai orang tua mengajak siswa-siswi SMKN 5 yang hadir untuk mengerti dan memahami dampak negatif pemakaian narkoba dan melakukan sex bebas. “Jadi anak-anak harus faham, bahwa dapak menggunakan narkoba benar-benar mengerikan,” ungkapnya.

Dirinya mengilustrasikan, dampak yang ditimbulkan dari seorang pengguna yang ketergantungan narkoba adalah cenderung melakukan tindak kriminal atau bagi seorang wanita menjual diri untuk mendapatkan uang demi membeli narkoba.

Dan akan lebih sulit lagi jika pengguna terlibat dalam lingkungan jaringan pengedar narkoba yang secara sistematis amat sulit diberantas oleh pihak berwenang.

Untuk itu BKOW mengajak kepada seluruh remaja untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang sehat seperti berolah raga atau bergabung dengan kelompok pemuda dengan mengadakan kegiatan yang kreativ.

“Selain itu memilih teman yang baik sebagai teman, dan teman yang buruk untuk dijauhi,” tambah ibu Wagub Sumsel ini.

Diakhir sambutannya, dirinya berharap, “Marilah kita lahirkan generasi muda yang cerdas dan beriman guna menyongsong Indonesia Maju,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutan pembukanya Kepala Sekolah SMKN 5 Palembang, Zulkarnain, M.Pd menyampaikan kondisi terkini lingkungan sekolah yang jika diguyur hujan deras menjadi area banjir.

Sebagai kepala sekolah dirinya mengharapkan bantuan pihak pemerintah provinsi untuk memperbaiki dan menata lingkungan sekolah terutama di bagian depan yang kerap terendam air karena banjir.

Sebagai Kepsek dirinya menjelaskan, sekilas moto HEBAT, HEBAT, HEBAT yang disuarakan lantang siswa-siswi saat diteriakkan nama SMK 5 untuk menggugah semangat.

“Kami laporkan Bu, SMK Negeri 5 masih Nol Narkoba, Alhamdulillah,” ucap Zulkarnain melaporkan yang disambut tepuk tangan.

“Yang paling nakal, anak kami ini Bu, Lompat pagar, minggat,” seloroh Zul disambut tertawan sejumlah peserta dan ibu-ibu yang hadir.

Selain itu, kepala sekolah menyampaikan, bahwa pendidikan di SMKN 5 yang saat ini konsentrasi di bidang IT, Multimedia, animasi, produksi siaran dan program televisi yang keterlibatannya saat ini adalah sebagai cyber polda untuk menjadi patroli cyber.

“Pergi ke pasar beli semangka, boleh ditambah dengan papaya, ingin bakti dengan orang tua, ayo prestasi tanpa narkoba”, sebaris pantun ini mengakhiri sambutan kepsek.

Hadir dalam acara, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Prov Sumsel, Sejumlah Pengurus BKOW Sumsel dan Badan Narkotika Nasional Prov Sumsel.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Informasi Penerimaan Siswa Baru Tahun 2024-2025

Diinformasikan kepada seluruh siswa/siswa SMP/MTS di seluruh wilayah Propinsi Sumatera selatan dan Indonesia umumnya, pada tahun pelajaran 2024/2025 ini, SMK Negeri 5 Palembang menerima

04/04/2024 12:30 - Oleh Administrator - Dilihat 801 kali
Pencak Silat Raih Prestasi

Kejuaraan Pencak Silat OKI Open Piala Bupati Se-Sumatera Selatan Tahun 2022 Selamat dan Sukses Kepada ananda Nayara Zeira Viola Kelas 10 Kompetensi Produksi Siaran dan Program Televisi

03/04/2024 10:45 - Oleh Administrator - Dilihat 46 kali
21 Peserta Didik Lulus Jalur SNBP

Selamat dan Sukses Untuk Siswa/i yang lulus SNBP 2024.   Pada hari ini tepatnya tanggal 26 Maret 2024 adalah hari yang di tunggu-tunggu oleh seluruh siswa/i yang mengikuti pember

26/03/2024 18:15 - Oleh Administrator - Dilihat 64 kali
Siswa SMK Negeri 5 palembang Bersyahadat

Alhamdulillah bertambah lagi saudara seiman kita.   Pada hari Jum'at 15 Maret 2024 salah seorang siswa bernama Varel Kelas 12 MP 2 menghadap dan menyatakan keinginannnya untuk me

18/03/2024 17:40 - Oleh Administrator - Dilihat 60 kali
Pemeriksaan Kesehatan Bersama Puskesmas Kampus

Untuk meningkatkan Produktifitas kerja di SMK Negeri 5 palembang Puskesmas kampus hadir untuk pemeriksaan kesehatan

27/02/2024 14:35 - Oleh Administrator - Dilihat 80 kali
Uji Kompetensi Keahlian 2024

UKK SMK Negeri 5 Palembang menghadirkan penguji dari berbagai instansi dan dunia usaha/dunia industri

23/02/2024 22:10 - Oleh Administrator - Dilihat 67 kali
Isra' Mir'aj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab 1445 H/ 2024 M

  Isra' Mi'raj 2024 dengan Tema: Marilah Kita Meneladani Akhlak dan Meningkatkan Cinta Kepada Rasulullah SAW   Assalamualaikum Wr,Wb         &n

23/02/2024 20:30 - Oleh Administrator - Dilihat 58 kali
Program Nyenyes Bersama TVRI Sumsel

Siswa-siswi SMK Negeri 5 Palembang mengisi acara sebagai audiens dalam program Nyenyes di TVRI Sumsel stasiun kebanggaan masyarakat sumatera selatan.Antusias terlihat dari wajah para si

07/02/2024 14:30 - Oleh Administrator - Dilihat 71 kali
Mencari Ilmu ke Sekayu

SMK Ngeri 5 Palembang melaksanakan Study tiru ke SMK Negeri 3 Sekayu Dalam kesempatan kali ini SMKN 5 Palembang melakasanakan kunjungan ke SMKN 3 Sekaya dengan topik pengembangan Te-Fa

06/02/2024 22:05 - Oleh Administrator - Dilihat 26 kali
SMK NEGERI 5 PALEMBANG KEDATANGAN TAMU DARI INDRALAYA

Study tiru SMK NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN KE SMK NEGERI 5 PALEMBANG. Di akhir bulan januari 2023 ini SMK negeri 5 palembang dengan penuh bangga dan hormat menyambut kedatangan Tamu dar

30/01/2024 09:55 - Oleh Administrator - Dilihat 40 kali